SEJARAH INTERNET

Minggu, 13 November 2011


Perkembangan Terbentuknya Internet

Berawal pada tahun 1957 melalui ARPA Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan komunikasi integrasi yang saling menghubungkan keperluan sains dan keperluan militer.Hal ini silatar belakangi dengan adanya perang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet(meluncurkan sputnik)

Penemuan pertama yaitu switching yaitu pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam paket paket kecil yang masing masing paketnya dapat melalui berbagai alternatif jalur jika salah satu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan.paket ini juga memungkinkan jaringan dapat digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi , berbeda dengan jaringan telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan koneksi . maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional si Amerika Serikat pada tahun 1969, paket switching digunakan secara menyeluruh sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang digunakan pada sambungan telepon publik .

Penemuan kedua yaitu pengembangan lapisan protokol jaringan yaitu TCP/IP adalah datu kumpulan aturan untuk berhubungan antar jaringan , dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. dengan protokol yang standar dan disepakati secara luas , maka jaringan terbesar yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk jarinngan raksasa bahkan saat ini menjangkau seluruh dunia. jaringan protokol inilah yang disebut jaringan internet.

Penemuan Ketiga adallah ditemukannya World Wide Web(WWW) pada tahun 1990 , menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet , www membuat semua pengguna saling berbagi bermacam-macam aplikasi san konten , serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet , dan sejak saat itu pengguna menjadi bertambah banyak .




0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Grunge Girl Blogger Template Designed by Ipietoon Blogger Template
Girl Vector Copyrighted to Dapino Colada